Rabu, 05 Juni 2013

fasilitas excel 2007


Cara membuat gambar watermark di excel 2007

Jika di microsoft word telah tersedia fasilitas untuk membuat watermark, maka di excel fasilitas untuk mengatur tampilan watermark belum tersedia. Untuk membuat watermark (tanda air berupa gambar yang tampak tersamar seperti bayangan pada background halaman worksheet excel dapat di akali dengan menggunakan fitur header dan footer. Gambar yang dihasilkan hampir sama dengan gambar watermark pada word.

Berikut ini adalah prosedur yang bisa dilakukan untuk membuat watermark

1. Di Menu Bar pilih tabulasi Insert, kemudian di ribbon menu pilih toolbar Header & Footer




2. Klik pada area header,
Selanjutnya di ribbon menu pilih Picture

3. Akan terbuka toka dialog Insert Picture
Pilih salah satu gambar yang tersedia di komputer

4. Gambar yang telah dipilih akan tampil menjadi background halaman worksheet
Karena tampilannya yang masih cerah maka perlu dilakukan pengaturan agar gambar tesebut menjadi tersamar
Klik pada area header
di Toolbar pilih Format Picture

5. Saat windows Format Picture muncul
Pilih tabulasi Picture
di bagian Frame Image Control , atur Color menjadi washout

6. Jika berhasil maka gambar tersebut akan nampak tersamar seperti gambar bayangan yang ada belakang worksheet excel
7. Jika gambar belum menutupi secara keseluruhan background worksheet
Maka klik di bagian Footer
Kemudian Klik Toolbar Picture
Selanjutnya ulangi langkah 3 -5 di atas



Contoh dokumen hasil settingan watermark di atas bisa dodownload disiniwatermak excel

Artikel Terkait:

Panduan Microsoft Excel 2007
Tutorial Microsoft Excel 2007

Selasa, 04 Juni 2013

Perbedaan Ms. Excel 2007 dengan 2003


Perbedaan Ms. Excel 2007 dengan 2003

Saya coba memaparkan perbandingan antara Excel 2003 dan Excel 2007.
  • Jumlah baris

Excel 2003 hanya menyediakan 65,536 baris, sedangkan Excel 2007 menyediakan 1,048,576 baris.
  • Jumlah kolom

Excel 2003 menyediakan 256 kolom, sedangkan Excel 2007 menyediakan 16,384 kolom.
  • tabel

Harus diakui, Excel 2007 memiliki berbagai format tabel yang menarik dan siap pakai.
  • Formula

Excel 2007 memiliki banyak tambahan formula.
  • Penampilan grafik / chart

Excel 2007 memiliki tampilan menakjubkan untuk grafik / chart. Warna defaultnya juga menarik dibandingkan versi Excel yang lebih lama.
  • Membuka / menutup file


Jika Dibandingkan dengan Excel 2003, dengan spesifikasi komputer yang sama dan file yang sama, performa Excel 2007 dalam aktivitas ini lebih lambat dibanding pendahulunya

Kelebihan,Kemampuan dan Fitur-fitur Excel


Kelebihan,Kemampuan dan Fitur-fitur Excel

  • Memiliki fitur-fitur yang user friendly.
  • Dilengkapi dengan Task Pane pada jendelanya.
  • Dapat menggunakan acua relative dan mutlak
  • Memiliki fungsi yang lengkap (bidang matematika,statistic,logika keuangan,refrensi,waktu dan teks).
  • Dokumen dapat terdiri dari lembaran kerja dengan jumlah yang banyak
  • Dilengkapi Perintah untuk menghapus dan menyisipkan baris dan kolom, perintah Undo-Redo,Perintah pengeditan data di sel,Berbagai pemformatan sel,Perintah Find dan Replace,Fasilitas AutoSave,Fasilitas Help
  • Mengurutkan dan menyaring data
  • Menyembunyikan baris dan kolom
  • Menampilkan Print Preview dan mencetak
  • Membuat grafik dalam berbagai bentuk
  • Menggabung dan membagi sel
  • Mengimpor data dari database perusahaan
  • Menggunakan Macro, solver, Add - ins
  • Menyimpan file dalam format XML

Kelebihan ms excel 2010


Kelebihan Ms. Office 2010

1. Temukan peningkatan pengalaman pencarian dan navigasi.
Menemukan informasi yang Anda perlukan lebih cepat dan lebih mudah dalam Word 2010. Dengan yang baru dan lebih baik Cari pengalaman, Anda juga dapat melihat ringkasan dari hasil pencarian dalam satu pane, dan klik untuk mengakses hasil setiap individu. Navigasi peningkatan Pane menyediakan visual garis besar dokumen Anda sehingga Anda dapat menelusuri, menyortir, dan menemukan apa yang Anda butuhkan secara cepat.


2. Bekerja dengan orang lain tanpa harus menunggu giliran Anda.
Word 2010 telah mengubah cara orang dapat bekerja sama dalam sebuah dokumen. Dengan co-authoring, Anda dapat mengedit dokumen dan berbagi ide dengan orang lain pada saat yang sama Anda juga dapat time.1 melihat ketersediaan orang lain yang authoring dokumen dengan Anda dan dapat dengan mudah memulai sebuah percakapan tanpa meninggalkan Word.2 


3. Mengakses dan berbagi dokumen Anda dari hampir mana saja.
Posting dokumen Anda secara online dan kemudian mengakses, melihat, dan mengedit mereka dari hampir semua komputer atau phone.3 Windows Anda Dengan Word 2010, Anda dapat mengambil keuntungan dari yang terbaik di kelas dokumen pengalaman di beberapa lokasi dan perangkat.
Microsoft Word Web App. Mengedit dokumen dalam browser Web ketika Anda berada jauh dari kantor, rumah, atau sekolah tanpa mengorbankan kualitas tampilan experience.1
Microsoft Word Mobile tahun 2010. Tinggal saat ini dan segera mengambil tindakan dengan menggunakan versi mobile yang disempurnakan Word yang secara khusus cocok untuk Anda smartphone.3 


4. Tambahkan visual efek ke teks.
Dengan Word 2010, Anda dapat menerapkan efek format seperti bayangan, bevel, cahaya, dan refleksi untuk teks dokumen Anda semudah menerapkan tebal atau menggarisbawahi. Anda dapat memeriksa ejaan teks yang menggunakan efek visual, dan menambahkan efek ke teks ayat gaya. Banyak efek yang sama yang digunakan untuk gambar yang sekarang tersedia untuk teks dan bentuk, tanpa hambatan yang memungkinkan Anda untuk mengkoordinasikan semua konten Anda.

5. Mengubah teks ke dalam diagram yang menarik.
Word 2010 menawarkan lebih banyak pilihan untuk menambahkan dampak visual ke dokumen Anda. Pilih dari belasan SmartArt tambahan ® Graphics untuk membangun diagram mengesankan hanya dengan mengetik sebuah daftar bullet. Gunakan SmartArt untuk mengubah dasar, poin-poin menarik teks ke dalam visualisasi yang lebih baik mengilustrasikan ide-ide Anda. 


6. Tambahkan dampak visual ke dokumen Anda.
Baru mengedit gambar-alat dalam Word 2010 memungkinkan Anda untuk menambahkan efek gambar khusus tanpa tambahan perangkat lunak pengedit foto. Anda dapat dengan mudah menyesuaikan gambar dengan saturasi warna dan suhu kontrol. Anda juga mendapatkan perbaikan alat-alat untuk lebih mudah dan lebih tepat cropping dan koreksi citra, untuk membantu Anda mengubah dokumen sederhana menjadi sebuah karya seni. 


7. Recover pekerjaan yang Anda pikir itu hilang.
Setelah bekerja pada dokumen untuk sementara, apakah Anda sengaja menutupnya tanpa menyimpan? Ada masalah. Word 2010 memungkinkan Anda memulihkan draf versi baru diedit file semudah membuka file apa saja, bahkan jika Anda tidak pernah menyimpan dokumen. 


8. Mengatasi hambatan komunikasi.
Word 2010 membantu Anda bekerja dan berkomunikasi secara efektif di languages.4 berbeda Terjemahkan kata, frase, atau dokumen lebih mudah daripada sebelumnya. Menetapkan pengaturan bahasa terpisah untuk ScreenTips, Petunjuk konten, dan menampilkan. Dan, mendapatkan bantuan tambahan untuk bahasa Inggris sebagai bahasa kedua dengan teks Inggris-to-speech pemutaran.


 9. Masukkan screenshot dan tulisan tangan ke dalam dokumen Anda.
Penangkapan dan memasukkan screenshot langsung dari Word 2010 sampai dengan cepat dan mudah memasukkan ilustrasi visual ke dalam pekerjaan Anda. Bila Anda menggunakan tablet-perangkat aktif seperti Wacom Tablet PC atau tablet, Anda mendapatkan perbaikan alat-alat untuk memformat tinta semudah Anda memformat bentuk. 


10. Mencapai lebih banyak dengan pengalaman pengguna yang disempurnakan.
Word 2010 menyederhanakan bagaimana Anda mengakses fitur. Microsoft Office yang baru Backstage ™ menggantikan tampilan menu File tradisional untuk membiarkan Anda menyimpan, berbagi, mencetak, dan mempublikasikan dokumen Anda hanya dengan beberapa klik. Dengan peningkatan Ribbon, Anda dapat mengakses perintah favorit Anda bahkan lebih cepat dengan customizing tab atau membuat Anda sendiri untuk mempersonalisasi pengalaman gaya kerja Anda

microsoft excel 2010


Kelebihan Ms. Excel 2010

Microsoft Office 2010 atau Office seri ke 14 merupakan penerus dari Office versi 2007. Walaupun masih sedikit bocoran mengenai info Microsof Office 2010, pihak Microsoft mengungkapkan bahwa pada Office 2010 ini akan lebih ringan dari pada Microsoft Office versi sebelumnya. Pada Microsoft Office 2010, Microsoft Office akan mendukung dua versi yag terpisah, yaitu versi 32 bit dan versi 64 bit dan Office 2010 akan menjadi pertama yang melakukan dua versi yang berbeda.Ini dia beberapa kelebihan dari office 2010 :
1. Office 2010 has Screenshot Capture, ituloh fasilitas yang memungkinkan meng capture gambar.
2. Fasilitas Removal Background, keren nih..jadi bisa dengan gampang hapus background yg ada di shape, dll.
3. Revamped Print Option, kalau yang ini kurang tau persis, letaknya ada di Opsional untuk print.
4. Fasilitas Auto Permision yang lebih baik (untuk Sekuriti/keamanan).
5. Tampilan button yang lebih menarik.
6. SMArt Templates yang lebih baik.
7. Proteksi mode ketika seseorang membuka file dari sebuah situs di internet.
Dan masih banyak yang lainnya..
Di dalam MO 2010 tersedia berbagai aplikasi dalam keluarga Office, termasuk Acces 2010, Excel 2010, InfoPath 2010, OneNote 2010, Outlook 2010, PowerPoint 2010, Project 2010, Publisher 2010, SharePoint Designer 2010, SharePoint Workspace 2010, Visio 2010,Word 2010,Office Web, SharePoint server 2010, dan Visio 2010. Tidak hanya itu saja, Office 14 ini juga akan ditambahkan PDC, yang membuat inovasi Office ini semakin menarik. Yang saya suka dari Microsoft Office 2010 adalah jauh lebih Ringan dibanding MO 2007. jadi untuk PC juragan yang menjadi agak lemot ketika menggunakan MO 2007, Microsoft Office 2010 patut dicoba.

Menambahkan Password Pada File Word dan Excel 2007




Beberapa waktu lalu ada yang bertanya via YM bagaimana caranya menambahkan password pada file Office 2007. Sebenarnya itu sangat mudah (Menurut kami) karena tidak memerlukan pengetahuan yang lebih tentang software komputer.
Menambahkan Password Pada File Word dan Excel 2007
Oleh karena itu tidak ada salahnya kami menuliskan tips tersebut agar bisa dibaca oleh semua pengunjung FastNCheap Blog. Hal-hal yang perlu dilakukan untuk menambahakn password pada Microsoft Office 2007 adalah:
  • Buat file baru pada Microsoft Office 2007.
  • Ketikkan dokumen yang anda inginkan.
  • Simpan file seperti biasanya dengan cara klik icon office pada bagian kiri atas.
  • Klik tombol Tools disamping tombol save dan pilih General Options.
    Password pada Microsoft Office 2007
  • Masukkan password pada bagian Password to open dan Password to modify.
    Insert Password to Office File
  • Klik tombol OK dan kemudian klik tombol Save.
  • Tutup editing file yang baru saja anda lakukan.
Sekarang, coba anda buka file yang sudah anda beri password. Jika password yang anda masukkan salah, dokumen tidak akan bisa terbuka. Sama halnya ketika anda membuka dokumen, anda juga akan ditanya password ketika ingin merubah isi dari dokumen karena telah memasukkan Password to modify. Password open dan modify dokumen bisa disetting menggunakan password yang berbeda.
Salah Password ketika membuka file Office 2007
Silahkan mencoba dan lingdungi dokumen anda dari tangan-tangan jahil.


Cara Cepat Mencari File Excel Dengan Excel Spy


Cara Cepat Mencari File Excel Dengan Excel Spy


Pernahkah Anda mengalami situasi dimana saat membuka data dalam komputer, Anda bingung dan lupa judul file excel dari laporan yang diinginkan karena banyaknya file yang tersimpan. Bisa dibayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencarinya, dengan membuka dan membaca setiap file excel yang ada.
Cara mudah mencari file excel dengan Excel Spy
Dengan menggunakan aplikasi bernama Excel Spy, kini mencari file excel menjadi lebih mudah. Aplikasi ini dapat diunduh di http://sourceforge.net/projects/excelspy/. Karena Excel Spy merupakan aplikasi yang bersifat portable, tidak dibutuhkan instalasi pada PC atau laptop.
Klik file bernama Xcel Spy untuk membuka aplikasi ini, akan muncul aplikasi berjudul Xcel Spy 1.0.3 dimana nantinya akan digunakan untuk mencari file excel yang diinginkan. Masukkan kata kunci yang akan dicari, pada contoh saya masukkan sebuah nama.
Kemudian klik Add dimana akan muncul explore baru dan anda diminta untuk memilih beberapa file .xls atau .xlsx yang ada pada harddisk. Lalu klik Open. Jika kata kunci sudah Anda cantumkan dalam kolom yang disediakan, klik search yang ada disamping kolom Search. Tunggu beberapa saat, jika berhasil maka pada kolom paling bawah akan muncul beberapa hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang sudah Anda masukkan tadi.
Pada hasil pencarian akan muncul Cell beserta Sheet dari kata kunci tersebut, berikut letak file dan nama file excel-nya.
Excel Spy memang memiliki tampilan yang simple, tetapi dengan adanya aplikasi ini akan mempermudah Anda dalam melakukan pencarian file berekstensi .xls ataupun .xlsx tanpa harus membuka dan membaca satu-persatu file excel yang ada dalam folder Anda.


Read more: http://blog.fastncheap.com/cara-cepat-cari-file-excel-dengan-excel-spy/#ixzz2VJYlhm00

Cara Menemukan dan Menghapus Data Ganda di Microsoft Excel


2 Cara Menemukan dan Menghapus Data Ganda di Microsoft Excel


Mengolah data Excel diperlukan ketelitian yang tinggi dan pengetahuan yang baik, apalagi jika data yang diolah dalam jumlah besar. Namun, tidak ada manusia yang sempurna, selalu ada margin of error yang seringkali terjadi tanpa disadari, hal kecil saja misalnya duplicate data atau data yang sama dalam 1 sheet.
Menemukan data ganda pada Microsoft Excel
Keberadaan data yang sama dalam 1 sheet dapat mengakibatkan ketidaksesuaian hasil baik jumlah dalam angka maupun jumlah data yang seharusnya. Itu sebabnya penting sekali untuk melakukan sortir data berdasarkan nama atau berdasarkan field tertentu agar urutan data lebih mudah diperiksa. Akan tetapi keterbatasan manusia terkadang sulit menembus kesempurnaan yang dimiliki komputer, untuk itu sebaiknya manfaatkan tool yang ada pada Microsoft Excel guna meminimalisir kesalahan.
Berikut ini adalah 2 cara yang dapat Anda gunakan untuk menemukan data yang sama dan kemudian menghapus data tersebut secara mudah.

Cara Pertama – Conditional Formatting

Cara pertama pertama ini menggunakan Conditional Formatting yang akan membantu Anda memberikan tanda dengan warna tepat pada data yang sama, informasi ini kemudian dapat Anda gunakan guna mengambil keputusan selanjutnya apakah ingin menghapus data tersebut atau memang terdapat 2 data yang seharusnya sama sehingga tidak perlu dihapus.
  • Buka dan block seluruh cell data Anda kemudian masih pada ribbon menu Home – Conditonal Formatting – Hightligt Cell Rules – Duplicate Values
Data ganda pada Excel
  • Kemudian akan muncul jendela Duplicate Values di mana Anda dapat memilih warna highlight yang Anda inginkan, plus pada saat bersamaan Anda akan dapat melihat warna pada cell data yang sama. Klik tombol OK untuk melakukan modifikasi pada data tersebut.
Mencari data ganda pada MS Excel
  • Warna pada cell tersebut tidak akan hilang sampai Anda perintahkan untuk hilang, caranya klik Conditonal Formatting – Clear Rules – Clear Rules from Entire Sheet.
Menemukan data ganda pada Microsoft Excel
Cara Kedua – Remove Duplicate Langsung
Cara kedua ini berbeda dengan cara pertama, jika cara pertama hanya memberi warna berbeda dan kemudian Anda dapat memutuskan apa yang akan Anda lakukan selanjutnya. Di cara kedua ini sistem akan langsung secara otomatis menghapus data yang sama tanpa highlight terlebih dahulu. Jika Anda yakin memang tidak seharusnya ada data yang sama, cara ini lebih tepat untuk Anda lakukan.
  • Buka dan block seluruh cell data anda kemudian klik Data – Remove Duplicates. Akan muncul sebuah jendela kecil di layar Anda, klik tombol Select All jika field kolom belum ditandai. Kemudian klik tombol OK, maka aplikasi akan menghapus semua data yang sama tanpa terkecuali.
Menemukan data ganda pada Excel
  • Perhatikan gambar di bawah ini, data yang sama otomatis terhapus dari cell.
Duplikat data pada MS Excel
Cara pertama maupun cara kedua memiliki tujuan yang sama yakni menemukan data yang sama, namun dengan penerapan yang berbeda. Jika Anda merasa memang sudah seharusnya ada data yang sama dan hanya ingin memastikan sekali lagi, cara pertama lebih tepat dilakukan. Namun jika memang tidak seharusnya ada data yang sama, maka cara kedua adalah pilihan yang tepat untuk dilakukan.
Semoga artikel tentang cara menemukan data ganda di Microsoft Excel ini bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan seputar artikel ini, jangan ragu untuk bertanya dengan meninggalkan komentar di bwah ini.


Read more: http://blog.fastncheap.com/2-cara-menemukan-menghapus-data-ganda-di-microsoft-excel/#ixzz2VJYGlZs9